Input Koordinat dari GPS ke Quantum GIS via MapSource dan Google Earth [Trik Rumit ^_^]



Koordinat suatu lokasi bisa diperoleh dengan menggunakan GPS atau dengan menandai lokasi melalui Google Earth. Koordinat lokasi yang diperoleh dari GPS bisa dimasukkan ke dalam QGIS melalui 2 cara yaitu dengan menggunakan MapSource atau Notepad. Berikut ini akan dijelaskan secara terperinci trik rumit (hehe....) dengan menggunakan Mapsource.


File data dari GPS masih merupakan file "mentah" yang perlu diproses lebih lanjut agar dapat dimasukkan ke dalam QGIS (karena sepengalaman saya belum bisa langsung dari GPS ke QGIS, mungkin kalau ada yang bisa tolong pencerahannya, hehe...). Jadi untuk mengolahnya dibutuhkan program MapSource. Penggunaan Mapsource ini dikhususkan untuk GPS GARMIN karena MapSource ini merupakan program bawaan dari GPS GARMIN (mungkin bisa untuk GPS lainnya, tergantung jenis save file datanya). Selain itu, penggunaan MapSource juga membutuhkan bantuan program lain yaitu Google Earth. Untuk lebih detailnya, berikut akan dijabarkan langkah-langkahnya
  • Pindah data yang tersimpan dalam GPS GARMIN ke dalam komputer atau laptop (cari yang berekstensi .gpx dan biasanya nama file berupa tanggal penandaan koordinat)
  • Setelah itu buka program MapSource dan kemudian load data koordinatnya (Menu File > Open > pilih file .gpx > Open)
  • Mungkin tidak terlihat perubahan signifikan tapi coba cek pada barisan kolom Maps, Waypoints, Routes dan Tracks. Pada data saya terlihat ada 2 data pada kolom Tracks.


  • Klik kolom Tracks > pilih data mana yang akan ditampilkan dengan cara klik kanan > Show Selected Track On Map


  • Maka data yang dipilih tersebut akan tampak pada area kosong di sebelah kanan. (Dalam kasus saya, ini berbentuk garis dengan beberapa titik karena mode pengambilan koordinat berupa Track)


  • Penggunaan MapSource hanya sampai tahap ini dan kemudian dilanjutkan dengan Google Earth. Untuk menampilkan hasil MapSource di Google Earth, klik View > View In Google Earth (Sebelum menampilkan, lebih baik program Google Earth sudah berjalan)


  • Kemudian hasil dari MapSource akan ditampilkan dalam Google Earth


  • Nah untuk dapat menampilkannya di QGIS, yang perlu dilakukan hanyalah menyimpan data tersebut. Lihat kolom di sebelah kiri Google Earth, pada folder “Tempat Sementara” terdapat data MapSource. Klik kanan kemudian pilih “Simpan Tempat Sebagai” > pilih save type .kml dan beri nama filenya > klik Save.


  • Sekarang kita sudah memiliki save file untuk dibuka di QGIS. Maka jalankan program QGIS kemudian load hasil save tadi dengan cara klik Layer > Add Vector Layer


  • Akan muncul kotak dialog Add Vector Layer, klik Browse untuk mencari file yang akan di-load > setelah memilih file kemudian klik Open > Klik Open


  • Sebelum ditampilkan akan muncul kotak dialog baru, karena ini tipe Track maka terdapat dua pilihan yaitu Points dan Paths. Pilih salah satu kemudian klik OK.


  • Apabila memilih Points, maka yang akan tampak adalah titik koordinat


  • Apabila memilih Paths, maka yang akan tampak berupa jalur


  •  Setelah berhasil diinput maka datanya bisa dimodifikasi sesuai selera ^_^

Langkah-langkahnya memang terlihat ribet pake banget tapi emang nyatanya seperti itu (ckckck). Namun dibalik semua kesulitan dan keribetan yang dialami, pastinya menambah wawasan toh. Belajar gampang atau susah yang penting ilmunya bisa bermanfaat. Hehe...









Comments

Popular posts from this blog

[Manual] Input Data GPS ke QGIS dengan Bantuan Notepad dan Ms Excel

Si Kuning yang Istimewa dari Belantara Coban Rais